Minggu, 11 November 2012

The Power of Social Media for Small Business : Social Media, Nyawa Pebisnis Kecil

Dewasa ini, era globalisasi berkembang semakin pesat. Kemajuan teknologi semakin mengalami perubahan menuju kemajuan dan menyebabkan suatu perubahan masa hidup menuju modernisasi. Kemajuan yang pesat ini didasari oleh penemuan-penemuan baru yang menyebabkan kemudahan serta semakin efisiensinya hidup manusia. Salah satu penyebab utama dari pesatnya kemajuan dewasa ini adalah kemajuan teknologi informasi dan komunikasi. Sejak ditemukannya komputer dan internet, kehidupan manusia begitu maju pesat dalam hal kemajuan informasi dan komunikasi.

Apabila terjadi suatu peristiwa atau kabar yang sangat hangat terjadi, informasi tersebut sangat cepat tersebar ke seuruh dunia. Hal tersebut karena dipelopori oleh internet. Karena banyaknya user yang memanfaatkan internet, baik untuk mencari informasi penting, untuk mengerjakan tugas, bahkan untuk hanya sekedar membuat status-status pada social media. Begitu besarnya peran internet dewasa ini yang membuat perubahan besar dalam kemajuan hidup manusia.



Saat ini, banyak pengguna internet memanfaatkan internet adalah untuk sekedar eksis di social media. Melihat banyaknya pengguna social media di kalangan masyarakat, merupakan suatu peluang besar bagi para pengguna internet pula yang memanfaatkannya sebagai media promosi, terutama bagi para pebisnis kecil.

Salah satu social media yang paling banyak digunakan adalah facebook. Selain karena kemudahannya dalam penggunaan serta pengoperasian, facebook juga meruakan social media yang paling banyak aktif digunakan masyarakat, baik kalangan atas, menengah, hingga kalangan bawah.

Indonesia sendiri merupakan negara yang sangat dituntut memiliki para entrepreneur agar tercipta Indonesia maju dalam bidang ekonomi utamanya. Untuk mencapai hal tersebut, paling tidak Indonesia harus memiliki entrepreneur sebanyak 2% dari total jumlah penduduk di Indonesia. Sedangkan pada kenyataannya saat ini, Indonesia memiliki hanya sekitar 0,98% entrepreneur. Melihat pentingnya entrepreneur, baik kelas kecil, menengah, maupun kelas atas, perlu dicari suatu solusi agar wirausaha-wirausaha Indonesia dapat berkembang dengan baik sehingga tercipta Indonesia maju di bidang ekonomi. Salah satu masalah dari wirausaha Indonesia untuk maju adalah kurangnya promosi yang dilakukan, sehingga para calon pembeli dapat tertarik. Apabila dikalkulasi lebih lanjut, bila dihitung dengan rinci apabila seorang wirausahawan ingin mempromosikan barang atau produk miliknya, maka diperlukan dana yang sangat besar. Sebagai contoh: dana untuk pemasangan banner, belum lagi penyewaan tempat untuk pemasangan banner, dan lain-lain. Karena itu, diperlukan suatu solusi untuk dapat mengatasi masalah tersebut. 


Berdasarkan pemaparan di atas, melihat besarnya peluang bisnis pada social media sebagai media promosi, maka penting untuk dioptimalisasikan. Melalu social media, ada banyak langkah atau strategi untuk dapat menarik perhatian para pembeli, sehingga para pembeli dapat membeli barang atau produk yang di tawarkan.

Social media seperti facebook merupakan media yang sangat berpeluang, dan merupakan salah satu media promosi paling murah dan paling mudah. Adapun alasan mengapa social media (dalam hal ini contohnya adalah facebook) merupakan peluang bisnnis besar, terutama bagi pebisnis kecil yang memiliki modal yang kecil:

1. Karena dinikmati semua kalangan

2. Memiliki fitur, salah satunya adalah page 

3. Merupakan social media yang pengoperasiannya murah dan terjangkau

4. Dapat melihat produk yang dijual tanpa harus datang langsung ke toko (bagi pebisnis yang memiliki toko)

5. Dapat meng-update barang yang diinginkan dengan ditambahkan detail keterangan gambar

6. Memperluas ruang lingkup usaha karena semakin banyak orang yang dikenal melalui facebook

7. Mengasah kita untuk berfikir sekreatif dan seinovatif mungkin sehingga para pembeli lebih tertarik pada barang yang kita tawarkan.

8. Bagi pebisnis besar, dapat meingkatkan pangsa pasarnya dengan mencari reseller-reseller untuk menjual produknya sehingga lebih banyak diminati dan dibeli. 

Dengan membentuk reseller (orang yang membeli dan menjual lagi barang yang bersangkutan dengan tujuan memperoleh laba), pebisnis besar tidak perlu repot-repot untuk memberi gaji reseller tersebut, karena reseller tersebut sudah membentuk harga untuk tujuan memperoleh laba dari produk pebisnis besar tersebut.

Melihat besarnya peluang tersebut, dapat dikatakan bahwa social media merupakan “nyawa dari pebisnis kecil". Dalam hal ini, Pemerintah perlu untuk melakukan kegiatan sosialisasi mengenai pentingnya social media bagi nafas kelanjutan sebuah bisnis kecil. Langkah kecil yang dapat diambil salah satunya adalah dari Prasetiya Mulya Business School, untuk melakukan kegiatan sosialisasi tersebut. Maka dari itu, peran dari Prasetiya Mulya Business School sangat penting dilakukan untuk memajukan usaha bisnis kecil, menengah, maupun besar di Indonesia mengingat Prasetiya Mulya Business School sebagai sekolah bisnis pertama di Indonesia yang menawarkan program Magister Administrasi Bisnis sejak tahun 1982 dan sebagai sekolah bisnis yang didirikan oleh komunitas bisnis Indonesia.

Dalam ulang tahunnya yang ke-30, diharapkan melalui lomba-lomba yang diadakan dapat membawa manfaat bagi masyarakat. Dan penting pula untuk mensosialisasikan kepada masyarakat mengenai pentingnya pemanfaatan social media untuk kemajuan bisnis. 

Semoga tulisan saya bisa bermanfaat. Terimakasih

0 komentar:

Home

Minggu, 11 November 2012

The Power of Social Media for Small Business : Social Media, Nyawa Pebisnis Kecil

Dewasa ini, era globalisasi berkembang semakin pesat. Kemajuan teknologi semakin mengalami perubahan menuju kemajuan dan menyebabkan suatu perubahan masa hidup menuju modernisasi. Kemajuan yang pesat ini didasari oleh penemuan-penemuan baru yang menyebabkan kemudahan serta semakin efisiensinya hidup manusia. Salah satu penyebab utama dari pesatnya kemajuan dewasa ini adalah kemajuan teknologi informasi dan komunikasi. Sejak ditemukannya komputer dan internet, kehidupan manusia begitu maju pesat dalam hal kemajuan informasi dan komunikasi.

Apabila terjadi suatu peristiwa atau kabar yang sangat hangat terjadi, informasi tersebut sangat cepat tersebar ke seuruh dunia. Hal tersebut karena dipelopori oleh internet. Karena banyaknya user yang memanfaatkan internet, baik untuk mencari informasi penting, untuk mengerjakan tugas, bahkan untuk hanya sekedar membuat status-status pada social media. Begitu besarnya peran internet dewasa ini yang membuat perubahan besar dalam kemajuan hidup manusia.



Saat ini, banyak pengguna internet memanfaatkan internet adalah untuk sekedar eksis di social media. Melihat banyaknya pengguna social media di kalangan masyarakat, merupakan suatu peluang besar bagi para pengguna internet pula yang memanfaatkannya sebagai media promosi, terutama bagi para pebisnis kecil.

Salah satu social media yang paling banyak digunakan adalah facebook. Selain karena kemudahannya dalam penggunaan serta pengoperasian, facebook juga meruakan social media yang paling banyak aktif digunakan masyarakat, baik kalangan atas, menengah, hingga kalangan bawah.

Indonesia sendiri merupakan negara yang sangat dituntut memiliki para entrepreneur agar tercipta Indonesia maju dalam bidang ekonomi utamanya. Untuk mencapai hal tersebut, paling tidak Indonesia harus memiliki entrepreneur sebanyak 2% dari total jumlah penduduk di Indonesia. Sedangkan pada kenyataannya saat ini, Indonesia memiliki hanya sekitar 0,98% entrepreneur. Melihat pentingnya entrepreneur, baik kelas kecil, menengah, maupun kelas atas, perlu dicari suatu solusi agar wirausaha-wirausaha Indonesia dapat berkembang dengan baik sehingga tercipta Indonesia maju di bidang ekonomi. Salah satu masalah dari wirausaha Indonesia untuk maju adalah kurangnya promosi yang dilakukan, sehingga para calon pembeli dapat tertarik. Apabila dikalkulasi lebih lanjut, bila dihitung dengan rinci apabila seorang wirausahawan ingin mempromosikan barang atau produk miliknya, maka diperlukan dana yang sangat besar. Sebagai contoh: dana untuk pemasangan banner, belum lagi penyewaan tempat untuk pemasangan banner, dan lain-lain. Karena itu, diperlukan suatu solusi untuk dapat mengatasi masalah tersebut. 


Berdasarkan pemaparan di atas, melihat besarnya peluang bisnis pada social media sebagai media promosi, maka penting untuk dioptimalisasikan. Melalu social media, ada banyak langkah atau strategi untuk dapat menarik perhatian para pembeli, sehingga para pembeli dapat membeli barang atau produk yang di tawarkan.

Social media seperti facebook merupakan media yang sangat berpeluang, dan merupakan salah satu media promosi paling murah dan paling mudah. Adapun alasan mengapa social media (dalam hal ini contohnya adalah facebook) merupakan peluang bisnnis besar, terutama bagi pebisnis kecil yang memiliki modal yang kecil:

1. Karena dinikmati semua kalangan

2. Memiliki fitur, salah satunya adalah page 

3. Merupakan social media yang pengoperasiannya murah dan terjangkau

4. Dapat melihat produk yang dijual tanpa harus datang langsung ke toko (bagi pebisnis yang memiliki toko)

5. Dapat meng-update barang yang diinginkan dengan ditambahkan detail keterangan gambar

6. Memperluas ruang lingkup usaha karena semakin banyak orang yang dikenal melalui facebook

7. Mengasah kita untuk berfikir sekreatif dan seinovatif mungkin sehingga para pembeli lebih tertarik pada barang yang kita tawarkan.

8. Bagi pebisnis besar, dapat meingkatkan pangsa pasarnya dengan mencari reseller-reseller untuk menjual produknya sehingga lebih banyak diminati dan dibeli. 

Dengan membentuk reseller (orang yang membeli dan menjual lagi barang yang bersangkutan dengan tujuan memperoleh laba), pebisnis besar tidak perlu repot-repot untuk memberi gaji reseller tersebut, karena reseller tersebut sudah membentuk harga untuk tujuan memperoleh laba dari produk pebisnis besar tersebut.

Melihat besarnya peluang tersebut, dapat dikatakan bahwa social media merupakan “nyawa dari pebisnis kecil". Dalam hal ini, Pemerintah perlu untuk melakukan kegiatan sosialisasi mengenai pentingnya social media bagi nafas kelanjutan sebuah bisnis kecil. Langkah kecil yang dapat diambil salah satunya adalah dari Prasetiya Mulya Business School, untuk melakukan kegiatan sosialisasi tersebut. Maka dari itu, peran dari Prasetiya Mulya Business School sangat penting dilakukan untuk memajukan usaha bisnis kecil, menengah, maupun besar di Indonesia mengingat Prasetiya Mulya Business School sebagai sekolah bisnis pertama di Indonesia yang menawarkan program Magister Administrasi Bisnis sejak tahun 1982 dan sebagai sekolah bisnis yang didirikan oleh komunitas bisnis Indonesia.

Dalam ulang tahunnya yang ke-30, diharapkan melalui lomba-lomba yang diadakan dapat membawa manfaat bagi masyarakat. Dan penting pula untuk mensosialisasikan kepada masyarakat mengenai pentingnya pemanfaatan social media untuk kemajuan bisnis. 

Semoga tulisan saya bisa bermanfaat. Terimakasih

Tidak ada komentar: