Minggu, 05 Mei 2013

Resume Materi VI Microsoft Word

Resume Materi VI
Microsoft Word
Nama/NRP: Ruth Yuliana Palupi/2712100002

  1. A.   Sekilas tentang Microsoft Word

Microsoft Word (Ms Word) merupakan suatu software yang memiliki fungsi sebagai pengolah kata dengaan sistem operasi Windows. Ms Word pertama diterbitkan pada tahun 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix, dan berkembang untuk berbagai jenis sitem operasi, misalnya yatu DOS (1983), Apple Macintosh (1984), dan lain-lain. Sistem operasi yang digunakan adalah Windows, dimana Windows
merupakan sistem operasi yang handal dalam penggunaannya oleh usher. Adapun fungsi dari Microsoft Word sebagai pengolah kata, yaitu untuk membuat laporan tertulis, dokumen penting, membuat Koran, membuat surat, membuat grafik sederhana, membuat tabel sederhana, dan lain-lain. Di dalam Microsoft Word, terdapat banyak kemudahan, salah satunya dengan adanya kata kunci yang teat dalam editing. Sebagai contoh adalah pada saat kita ingin mengcopy suatu data. Cukup dengan menggunakan Ctrl+C dan kemudian klik tempat yang ingin digandakan kemudian tekan Ctrl+V. Terdapat pula cara yang tanpa menggunakan tombol cepat di keyboard, yaitu melalui menu toolbar.

  1. B.     Aplikasi Microsoft Word
a)      Cara membuka Microsoft Word
1)      Dengan menggunakan Start
  1. Klik tombol start yang ada pada taskbar
  2. Pilihlah menu program, dan carilah aplikasi Microsoft Office
  3. Pilih dan klik program Microsoft Word
  4. Tunggu hingga keluar tampilan program Ms Word

Gambar: Ms Word

2)      Dengan mengklik icon pada desktop
  1. Carilah icon Ms Word yang ada pada desktop
  2. Klik dua kali hingga muncul jendela aplikasi Microsoft Word
3)      Dengan menggunakan run
  1. Klik secara bersamaan: tombol windows+R
  2. Ketik Ms Word dan klik Ok
  3. Tnggulah hingga keluar aplikasi Ms Word tersebut

b)     Cara membuat Dokumen baru (New Document)
1)      Dengan Klik tool bar
  1. Carilah gambar kertas kosong pada gambar icon-icon toolbar
  2. Klik hingga dua kali hingga keluar dokumen baru
2)      Dengan membuka menubar
  1. Klik file pada menubar
  2. Klik New Document
  3. Tunggu hingga keluar lembar dokumen baru
3)      Dengan tombol cepat
  1. Klik Ctrl+N
  2. Tunggu hingga keluar dokumen baru

c)      Menggunakan Font-Style pada Font
  1. Block semua tulisan yang ingin diubah font-style nya
  2. Klik Font style yang diinginkan pada toolbar
  3. Apabila ingin merubah ukuran huruf, klik font size dan pilih ukuran tulisan yang diiginkan
  4. Apabila ingin diedit berupa member ketebalan tulisan, garus bawah dan cetak miring, pilihlah salah satu dari toolbar yang memiliki tulisan huruf B untuk cetak tebal, I untuk cetak miring, U untuk cetak dengan garis bawah.

d)     Cara membuat Daftar isi


Gambar: Cara membuat daftar isi
            Adapun cara membuat daftar isi:
  1. Ketik daftar isi dari kata pengantar, si per bab, penutup sampai daftar pustaka lengkap dengan halaman.
  2. Blok semua dan klik kanan pada lembar kerja, klik Paragraph
  3. Pilih Tabs
  4. Isilah angka pada Tab Stop Position hingga 3 kali
  5. Isi 2 cm yang artinya 2 cm dari kiri
  6. Pada bagian leader, klik 2 dan klik set
  7. Isilah 13,7 dan pada bagian leader klik 2 (titik titik) dan klik set
  8. Isilah 14,5 di alignment kemudian pilih right, pada leader pilih 1 (none), klik set dan Ok
  9. Tempatkan kursor mouse pada ketikan antara akhir judul dan sebelum nomor halaman
  10. Klik tombol tab di keyboard hingga 2 kali.

e)      Cara membuat penomoran halaman
  1. Klik Page number pada tab Insert
  2. Pilihlah style penomorn halaman yang diingkan
  3. Klik Ok

f)       Cara membuat Cover




Gambar: Salah Satu Cover dalam Ms Word 2010
  1. Pada halaman pertama, beri space 1 halaman
  2. Kemudian apabila ingin diberi gambar-gambar tertentu, copy dan paste di lembar cover tersebut
  3. Aturlah tab sedemikian rupa sehingga tidak terlihat sumbang pada cover
  4. Pilih font-style sesuai kebutuhan dan font size

g)      Cara Membuat Cross Reference dan Daftar Gambar
Cross reference adalah cara untuk menemukan materi, judul maupun hal yang kita perlukan dengan cepat tanpa perlu membuka halaman demi halaman dalam dokumen. Adapun caranya sebagai berikut:
  1. Meletakkan kursor ke temat dimana ingin menyisipkan cross-reference
  2. Menuliskan teks yang mendeskripsikan Cross-reference
  3. Klik References
  4. Klik Cross reference
  5. Pilih gambar di Reference type
  6. Pada insert reference top, pilih only label and dumber
  7. Klik insert, lalu close

h)     Cara membuat Daftar Pustaka
Terdapat beberapa syarat dalam penulisan daftar pustaka dengan urutan: Nama Penulis (dibalik, diberi tanda koma di akhiri dengan tanda titik. Tahun penerbitan. Judul yang dicetak miring (italic). Tempat Penerbitan (diakhiri dengan tanda titik dua) : Nama Penerbit
Adapun syarat pembuatan daftar pustaka, tergantung jenis sumber yang digunakan. Penulisan sumber data dari jurnal dengan buku tidak sama. Apabila ingin diketik pada Microsoft Word, maka syarat lainnya yaitu:
  • Jarak antara barus satu dengan berikutnya adalah satu spasi
  • Jarak antara sumber dengan sumber berikutnya adalah 2 spasi

i)        Cara membuat Indeks
  1. I.                   Menandai Bagian untuk Indeks
    1. Pilih teks pada dokumen untuk dijadikan entri pada indeks. Bila ingin menggunakan istilah baru, klik di bagian yang akan disisipkan entri untuk indeks.
    2. Klik Reference tab, Index, dan Klik Mark Entry
Untuk mebuat corss reference, dibagian options klik cross reference, ketik teks pada kotak disampingnya
  1. Beri format page number di indeks dengan klik kotak bold dan italic di bagian page number format
  2. Klik tombol Matk, dan Ms Word akan mengaktifkan fitu Show All Formatting Marks dan menampilkan XE Field untuk entri yang sudah dibuat oleh usher.
  3. II.                Membuat Indeks
    1. Klik di bagian halaman dokumen untuk membuat indeks
    2. Ketik judul halaman, klik enter, serta member jarak judul dan isi indeks
    3. Pada Tab reference, klik index grup, dan klik insert index
    4. Terdapat dua perintah:
  • Klik kotak right align page numbers untuk rata kanan pada nomor halaman
  • Colmns bila ingin indeks terdiri dari 2 kolom

0 komentar:

Home

Minggu, 05 Mei 2013

Resume Materi VI Microsoft Word

Resume Materi VI
Microsoft Word
Nama/NRP: Ruth Yuliana Palupi/2712100002

  1. A.   Sekilas tentang Microsoft Word

Microsoft Word (Ms Word) merupakan suatu software yang memiliki fungsi sebagai pengolah kata dengaan sistem operasi Windows. Ms Word pertama diterbitkan pada tahun 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix, dan berkembang untuk berbagai jenis sitem operasi, misalnya yatu DOS (1983), Apple Macintosh (1984), dan lain-lain. Sistem operasi yang digunakan adalah Windows, dimana Windows
merupakan sistem operasi yang handal dalam penggunaannya oleh usher. Adapun fungsi dari Microsoft Word sebagai pengolah kata, yaitu untuk membuat laporan tertulis, dokumen penting, membuat Koran, membuat surat, membuat grafik sederhana, membuat tabel sederhana, dan lain-lain. Di dalam Microsoft Word, terdapat banyak kemudahan, salah satunya dengan adanya kata kunci yang teat dalam editing. Sebagai contoh adalah pada saat kita ingin mengcopy suatu data. Cukup dengan menggunakan Ctrl+C dan kemudian klik tempat yang ingin digandakan kemudian tekan Ctrl+V. Terdapat pula cara yang tanpa menggunakan tombol cepat di keyboard, yaitu melalui menu toolbar.

  1. B.     Aplikasi Microsoft Word
a)      Cara membuka Microsoft Word
1)      Dengan menggunakan Start
  1. Klik tombol start yang ada pada taskbar
  2. Pilihlah menu program, dan carilah aplikasi Microsoft Office
  3. Pilih dan klik program Microsoft Word
  4. Tunggu hingga keluar tampilan program Ms Word

Gambar: Ms Word

2)      Dengan mengklik icon pada desktop
  1. Carilah icon Ms Word yang ada pada desktop
  2. Klik dua kali hingga muncul jendela aplikasi Microsoft Word
3)      Dengan menggunakan run
  1. Klik secara bersamaan: tombol windows+R
  2. Ketik Ms Word dan klik Ok
  3. Tnggulah hingga keluar aplikasi Ms Word tersebut

b)     Cara membuat Dokumen baru (New Document)
1)      Dengan Klik tool bar
  1. Carilah gambar kertas kosong pada gambar icon-icon toolbar
  2. Klik hingga dua kali hingga keluar dokumen baru
2)      Dengan membuka menubar
  1. Klik file pada menubar
  2. Klik New Document
  3. Tunggu hingga keluar lembar dokumen baru
3)      Dengan tombol cepat
  1. Klik Ctrl+N
  2. Tunggu hingga keluar dokumen baru

c)      Menggunakan Font-Style pada Font
  1. Block semua tulisan yang ingin diubah font-style nya
  2. Klik Font style yang diinginkan pada toolbar
  3. Apabila ingin merubah ukuran huruf, klik font size dan pilih ukuran tulisan yang diiginkan
  4. Apabila ingin diedit berupa member ketebalan tulisan, garus bawah dan cetak miring, pilihlah salah satu dari toolbar yang memiliki tulisan huruf B untuk cetak tebal, I untuk cetak miring, U untuk cetak dengan garis bawah.

d)     Cara membuat Daftar isi


Gambar: Cara membuat daftar isi
            Adapun cara membuat daftar isi:
  1. Ketik daftar isi dari kata pengantar, si per bab, penutup sampai daftar pustaka lengkap dengan halaman.
  2. Blok semua dan klik kanan pada lembar kerja, klik Paragraph
  3. Pilih Tabs
  4. Isilah angka pada Tab Stop Position hingga 3 kali
  5. Isi 2 cm yang artinya 2 cm dari kiri
  6. Pada bagian leader, klik 2 dan klik set
  7. Isilah 13,7 dan pada bagian leader klik 2 (titik titik) dan klik set
  8. Isilah 14,5 di alignment kemudian pilih right, pada leader pilih 1 (none), klik set dan Ok
  9. Tempatkan kursor mouse pada ketikan antara akhir judul dan sebelum nomor halaman
  10. Klik tombol tab di keyboard hingga 2 kali.

e)      Cara membuat penomoran halaman
  1. Klik Page number pada tab Insert
  2. Pilihlah style penomorn halaman yang diingkan
  3. Klik Ok

f)       Cara membuat Cover




Gambar: Salah Satu Cover dalam Ms Word 2010
  1. Pada halaman pertama, beri space 1 halaman
  2. Kemudian apabila ingin diberi gambar-gambar tertentu, copy dan paste di lembar cover tersebut
  3. Aturlah tab sedemikian rupa sehingga tidak terlihat sumbang pada cover
  4. Pilih font-style sesuai kebutuhan dan font size

g)      Cara Membuat Cross Reference dan Daftar Gambar
Cross reference adalah cara untuk menemukan materi, judul maupun hal yang kita perlukan dengan cepat tanpa perlu membuka halaman demi halaman dalam dokumen. Adapun caranya sebagai berikut:
  1. Meletakkan kursor ke temat dimana ingin menyisipkan cross-reference
  2. Menuliskan teks yang mendeskripsikan Cross-reference
  3. Klik References
  4. Klik Cross reference
  5. Pilih gambar di Reference type
  6. Pada insert reference top, pilih only label and dumber
  7. Klik insert, lalu close

h)     Cara membuat Daftar Pustaka
Terdapat beberapa syarat dalam penulisan daftar pustaka dengan urutan: Nama Penulis (dibalik, diberi tanda koma di akhiri dengan tanda titik. Tahun penerbitan. Judul yang dicetak miring (italic). Tempat Penerbitan (diakhiri dengan tanda titik dua) : Nama Penerbit
Adapun syarat pembuatan daftar pustaka, tergantung jenis sumber yang digunakan. Penulisan sumber data dari jurnal dengan buku tidak sama. Apabila ingin diketik pada Microsoft Word, maka syarat lainnya yaitu:
  • Jarak antara barus satu dengan berikutnya adalah satu spasi
  • Jarak antara sumber dengan sumber berikutnya adalah 2 spasi

i)        Cara membuat Indeks
  1. I.                   Menandai Bagian untuk Indeks
    1. Pilih teks pada dokumen untuk dijadikan entri pada indeks. Bila ingin menggunakan istilah baru, klik di bagian yang akan disisipkan entri untuk indeks.
    2. Klik Reference tab, Index, dan Klik Mark Entry
Untuk mebuat corss reference, dibagian options klik cross reference, ketik teks pada kotak disampingnya
  1. Beri format page number di indeks dengan klik kotak bold dan italic di bagian page number format
  2. Klik tombol Matk, dan Ms Word akan mengaktifkan fitu Show All Formatting Marks dan menampilkan XE Field untuk entri yang sudah dibuat oleh usher.
  3. II.                Membuat Indeks
    1. Klik di bagian halaman dokumen untuk membuat indeks
    2. Ketik judul halaman, klik enter, serta member jarak judul dan isi indeks
    3. Pada Tab reference, klik index grup, dan klik insert index
    4. Terdapat dua perintah:
  • Klik kotak right align page numbers untuk rata kanan pada nomor halaman
  • Colmns bila ingin indeks terdiri dari 2 kolom

Tidak ada komentar: